Minggu, 24 September 2017

Gambar Kabel



Untuk mengetahui struktur kabel, pertama- tama kita harus melihat melalui gambar kabel serta bagian – bagiannya, gambar bisa menjadi media untuk menjelaskan spesifikasi maupun jenis kabel. pertama tama anda harus mengetahui terdapat tiga jenis Kabel Jaringan yaitu kabel coaxiall, twisted pair, dan kabel fiber Optik).
 

Kabel Coaxiall
Berikut ini adalah gambar Kabel Coaxial



Kabel coaxial adalah jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Inti kabel tersebut berupa kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Kabel coaxial ini biasa digunakan untuk jaringan dengan bandwith yang tinggi. Kabel coaxial mempunyai pengalir tembaga di tengah, yang disebut centre core, lapisan plastik atau dielectric insulator yang mengelilingi tembaga berfungsi sebagai penebat di antara tembaga dan “metal shielded“, penebat maksudnya adalah penebat elektrik, juga dipanggil dielektrik, ialah bahan yang tidak boleh mengalirkan arus elektrik. Contoh bahan penebat elektrik yang baik ialah kaca dan Teflon. Lapisan metal berfungsi untuk menghalangi gangguan dari luar. Lapisan paling luar adalah lapisan plastik yang disebut Jacket plastic. Lapisan ini berfungsi seperti jaket yaitu sebagai pelindung bagian terluar. Kabel Coaxial memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kabel antena TV, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda.
Kabel coaxial terkadang digunakan untuk topologi bus, tetapi beberapa produk LAN sudah tidak mendukung koneksi kabel coaxial.

Kabel Twisted pair (UTP dan STP)



Berikut ini adalah gambar Kabel UTP, STP, Dan FTP

 
Unshield twisted-pair (UTP)

Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis Kabel Jaringan yang menggunakan bahan dasar Tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam Jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twister-pair(STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik.




Shielded Twisted Pair ( STP )

Shielded twisted pair adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel. Twisted Pair, kabel networking tipe ini terdiri dari 4 pasang dawai kabel yang masing-masing pasang
dipelintir. Kabel STP mengkombinasikan teknik-teknik perlindungan dan antisipasi tekukan kabel. STP yang diperuntukkan bagi instalasi jaringan ethernet memiliki resistansi atas interferensi elektromagnetik dan frekuensi radio. Untuk tambahan kabel FTP tidak berbeda jauh dengan kabel UTP, jenis kabel yang satu ini juga terdiri dari 4 pasang kabel tembaga, yang mana tiap pair-nya dipilin atau dibelit saling berlilitan sehingga membentuk sebuah pola berbentuk spiral, kabel ini juga menggunakan aluminium foil yang dipasang tepat di bawah karet luar untuk melindungi isolator sehingga kabel jaringan FTP lebih tahan terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.

Fiber Optik

Berikut ini adalah gambar Kabel Fiber Optik
 


Kabel fiber optik dibuat dari kaca yang dibungkus oleh pelindung dan material penguat. Fiber optik menggunakan cahaya untuk menghantar isyarat, berbeda dengan kabel tembaga yang menggunakan sinyal elektronik. karena itu kabel jenis ini tidak terpengaruh dengan gangguan elektromagnet. Kabel fiber optik sangat sesuai digunakan di kawasan yang banyak gangguan elektromagnet dan jarak yang jauh. Kabel fiber optik mendukung transmisi data berkecepatan tinggi tidak sama halnya dengan kabel tembaga seperti UTP dan Coaxial. besarnya data yang dapat di transmisikan memungkinkan penggunaan komunikasi yang membutuhkan kecepatan seperti video konference. Connector yang selalu digunakan untuk menyambung kabel fiber optik ialah ST connector yang menyerupai BNC Connector. Namun begitu SC connector lebih mudah digunakan. Penggunaan fiber optik umumnya digunakan pada jaringan besar. Harga dan instalasi fiber optik tergolong mahal, dan berdasarkan jalur sinyal yang dikirimkan, Fiber Optik dibagi menjadi 2 mode, yaitu Single mode dan Multi mode.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar